Selasa, 30 Juni 2015



BAB I
Pendahuluan

            Bisnis ini bergerak di bidang photograpy yang mendokumentasikan acara-acara penting seperti pernikahan, pertunangan, foto keluarga, prewedding, dokumentasi acara atau event, dll. Perbedaan studio photograpy ini dari yang lain terletak di dua hal utama yang ditonjolkan. Pertama hasil foto keseluruhan diberikan kepada client, baik file mentah maupun file yang sudah jadi. Kedua adalah dari segi teknologi kamera kita menggunakan kamera class professional dengan tenaga fotogrfer yang professional dengan hasil yang tidak mengecewakan.
            Visi kita adalah menjadi studio foto yang mempermudah client untuk mendokumentasikan acara-acara penting tanpa merogoh kocek yang banyak, lebih mudah, simple, praktis, hasil memuaskan.
            Misi kita adalah dengan didirikannya studio foto ini dapat mempermudah masyarakat dalam mendokumentasikan acara-acara pentingnya.
            Dalam manajemen kita dibentuk divisi seperti Marketing yang berkaitan dengan penggunaan website untuk pemasaran, brosur, sales promotion. Business Development yang berkaitan dengan pengawasan “kantor” kita. Mulai dari pengawasan secara menyeluruh (umum hingga perawatan kamera) serta kinerja karyawan.
            Target pasar adalah masyarakat luas, pelajar Tk, Sd, Smp,Smp, dan perguruan tinggi. Perkembangan kampus semakin maju dan menampung banyak mahasiswa, tentunya mahasiswa yang tinggal di sekitar studio semakin besar dari tahun ke tahun. Kita membeli 2 bangunan ruko yang direkonstruksi menjadi 1 ruko. Kita juga membeli barang-barang pendukung seperti property untuk foto fun,  AC, Asesoris dekorasi, serta beberapa meja untuk pendukung. Tuk mengundang orang saat hari pertama bisnis Running kita akan adakan sales promotion. Strategi pemasaran yang kita lakukan antara lain menyebar brosur dan website.
BAB II
Analisis Pasar

            Target pasar dalam bisnis studio ini adalah masyarakat luas, pelajar Tk, Sd, Smp,Smp, dan perguruan tinggi, daerah Malang kota. Pertumbuhan ekonomi warga sekitar Studio yang didiran rata-rata adalah kalangan menengah ke atas, mendukung bisnis kami yang melayani dokumentasi untuk acara-acara mereka.
            Kualitas hasil gambar foto kami sangat baik dan jernih tidak ada bercak bercak jamur dll, kami juga cetak hasil foto kami dengan menggunakan teknologi laser yang membuat kualitas hasil gambar tahan lama, tidak mudah pudar sehingga dokumentasi anda tahan berpuluh puluh tahun kedepan.
            Persaingan bisnis juga kami alami. Pemilihan tempat yang kami pilih, di kawasan studio kami sudah memiliki studio studio. Namun, persaingan tersebut kami memberikan solusi, selain dengan menyediakan property yang mendukung, kami juga memberikan perbedaan dalam fasilitas yang diberikan, seperti dalam melakukan hubungan antar pelanggan lebih nyaman.
            Dengan mengenal kalangan pasar yang ada di sekitar studio, kami berani memberikan fasilitas dan pelayanan praktis  untuk para client kami. Walaupun persaingan studio-studio besar yang ada dikawasan studio kami.
            Ancaman bagi bisnis kami ini salah satunya juga dikarenakan hadir lebih dulunya studio-studio besar yang ada. Tapi kami memberikan kepraktisan dan kemudahan untuk dijangkau oleh warga di kawasan studio kami.

BAB III
Rencana SDM

            Struktur organisasi dalam team studio kami dikepalai oleh seorang ketua dengan pemilik studio yang merangap sebagai Editor. Kami memiliki 4 anggota dalam 1 studio. Antara lain :
Pertama Fotografer Utama yang akan melakukan tugas dalam acara sebagai kamera utama.
Kedua Fotografer Backing atau fotografer kedua, tugas fotografer kedua disini ada meng bancking dari foto grafer pertama agar sewaktu-waktu fotografer utama ketingglan moment di backing oleh fotografer backing ini.           
Ketiga adalah Fotografer Candied tugas fotografer candied disini adalah hanya memotret moment-moment tertentu seperti dalam pernikahan ada yang fun, menangis, beranda, ngobrol bersa sanak family dll.
           Keempat dalah Editor, tugas Editor disini adalah mengedit semua file yang telah diambil oleh 3 fotografer tersebut yang dibantu oleh beberapa asistennya.


BAB IV
Rencana Pemasaran

            Pada awal runningnya bisnis ini, perkiraan target konsumen kita adalah masyarakat yang tinggal disekitar studio. Sehingga bagi masyarakat sekitar studio jika akan mendokumentasikan acara acara mereka lebih mudah dan cepat
            Brosur dan pamflet disebar ke sekitaran pemukiaman distudio. Tapi tidak menutup pelanggan dari luar area studio.
            Website Studio yang kita gunakan sudah sangat lengkap, paket hemat, promo, jenis cetak hasil, jenis kamera, dll
            Harga paket foto yang tersedia di studio kami sangat terjangkau dan relative untuk kalangan menengah kebawah. Disini kami juga menyediakan paket wisuda dan pernikahan dengan paket yang harganya dibawah standart tetapi dengan kualitas yang diatas standar. Dalam paket kami masing – masing paket mempunyai kelebihn gratis pas foto 3x4 dan 4x6 untuk beberapa acara tertentu. Seperti pada acara wisuda dan album kenangan.

BAB V
Rencana Keuangan

            Kebutuhan modal kerja dan investasi untuk bisnis ini adalah sebesar Rp 200.000.000,- (Seratus lima puluh juta rupiah). Pendistribusian dana tersebut dapat dilihat pada rincian terlampir. Pembiayaan modal perusahaan adalah sebesar Rp 50.000.000,- (delapan puluh dua juta sembilan ratus ribu rupiah) untuk pendistribusiannya juga dapat dilihat pada rincian terlampir.
            Bisnis ini menerapkan sistem pembayaran secara cash maupun kredit. Untuk pembayaran dengan sistem kredit, kami bekerja sama dengan bank yang dapat memfasilitasi kredit dan juga akan ada mesin ATM dari bank tersebut di dalam Studio kami. Hasil dari pembayaran secara kredit baru bisa diterima setelah acara selesai.
            Target kami, keuntungan yang dapat diperoleh setiap bulannya adalah sebesar Rp 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah). Kebijakan dalam pembayaran hutang atas pinjaman dari bank sebesar Rp 75.000.000,- (tujuh puluh lima juta rupiah) akan di lakukan dengan menyisihkan hasil keuntungan untuk membayar bunga sebesar Rp 750.000,- (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)per bulannya, dan juga untuk tabungan guna melunasi pinjaman tersebut. Diperkirakan hutang tersebut bisa dilunasi dalam waktu dua tahun, tetapi jika keuntungan yang diperoleh setiap bulannya sesuai dengan yang diharapkan, maka waktu pelunasan hutang bisa lebih cepat terselesaikan.
Kebutuhan Modal





Investasi
      50.000.000




Modal Kerja
       150.000.000




Total
      200.000.000
















Sumber Modal
Nilai
Proporsi
Biaya Modal
Pajak
Kontribusi
Modal sendiri
      50.000.000
70,0%
15,0%
0,0%
10,50%
Pinjaman dari bank
       150.000.000
30,0%
12,0%
25,0%
2,70%
Investor

0,0%
10,0%
0,0%
0,00%
Total
      200.000.000
100,0%

Rata-rata
13,20%

 Kurang dari kebutuhan modal


Biaya Modal












            Untuk transparansi dan laporan keuangan yang akurat maka setiap transaksi akan dibuatkan jurnal dan selalu disimpan. Total laba yang diperoleh per bulannya diperkirakan sebesar Rp 20.550.000,- (dua puluh juta lima ratus lima puluh ribu rupiah). Namun jika dipotong pajak dan ditambahkan dengan penyusutan investasi, maka diperkirakan arus kas operasionalnya adalah sebesar Rp 19.412.500,- (sembilan belas juta empat ratus dua belas ribu lima ratus rupiah).
Tahun
Investasi
Keterangan
0
     300.000.000
Sewa satu ruko, renovasi, beli peralatan, kendaraan, dll
1
                    -  

2
                    -  

3
                    -  

4
                    -  

5
                    -  

Total
     300.000.000
(Biaya penyusutan dengan metode garis lurus)




Nilai Sisa tahun ke-5 =
20%
            Tentu kita berharap agar bisnis ini bisa berjalan lancar dan sukses, tetapi tak dapat dipungkiri bahwa hal-hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi. Masalah yang akan dihadapi nantinya bisa diatasi dengan saling bekerja sama untuk memperbaiki kesalahan dan membuat inovasi baru yang lebih kreatif lagi.

BAB VI
Analisis Kelayakan Business
            Tiga skenario bisnis dengan tingkat peluang profit yang stabil setiap tahunnya dan bisa meningkat (sesuai rata-rata kenaikan), maka kelayakan bisnis ini dapat dipertanggungjawabkan dan dipandang layak. Berdasarkan arus kas yang telah diskenariokan dinyatakan tidak ada masalah atau kendala dalam bisnis. Pengeluaran untuk bisnis ini bisa dikendalikan dan tetap memiliki cadangan kas yang cukup untuk keperluan lain-lain atau tabungan dalam kas.
            Untuk Payback Period (PP), selama 1 tahun bisnis ini berjalan memang belum terlalu tinggi. Tetapi setelah 5 tahun, pembalikan modal bisa berjalan dengan baik dan memiliki laba yang cukup besar. Pendapatan yang didapat dari bisnis ini dianggap baik, karena NPV terbukti layak dengan skenario tersebut melalui modal yang kembali dan keuntungan yang meningkat, serta bisnis ini tetap mampu bertahan meskipun terjadi kenaikan inflasi. Setelah 5 tahun, skenario Profitability Index (PI) menyatakan Profit Margin 72% selama 5 tahun (rata-rata 14,48% per tahun).
            Skenario IRR menyatakan bisnis ini tetap layak meskipun inflasi naik 26,42% dari semula. Setelah dianalisis, target minimum kami berhasil tercapai dalam jangka waktu 1 tahun dan terus menigkat setiap tahunnya. Meskipun belum mencapai target maksimum dalam jangka 5 tahun. Namun, target tercapai hampir 50% dari target maksimum selama 5 tahun


BAB VII
Penawaran Investasi
Bisnis ini menawarkan investasi  minimum Rp. 5.000.000, - selama periode 30 hari dengan keuntungan/ sharing  profit sebesar 2,5 %. Pengambilan modal awal dapat dilakukan minimal 18 bulan terhitung dari tanggal penyerahan uang investasi. Kami juga menawarkan  investasi Rp. 20.000.000,- selama periode 45 hari dengan keuntungan/ sharing  profit 5 % dari jumlah nilai investasi yang diberikan. Pengambilan modal awal dapat dilakukan minimal 18 bulan dari tanggal penyerahan uang investasi. Tidak ada resiko apapun dari uang yang diinvestasikan.
 Seperti yang terlampir dalam analisis keuangan, bisnis kami membutuhkan investasi sebesar Rp. 130.000.000,-. Investasi ini akan dialokasikan untuk pengadaan bahan baku makanan seperti daging, sayuran dan buah-buahan yang segar yang harus dilakukan setiap harinya, mengingat kami menjual bahan makanan yang fresh, sesuai dengan visi dibalik bisnis kami ini sendiri.
Sebagai penutup, harga yang tercantum dalam proposal ini berdasarkan asumsi sehingga perubahan pada harga pasar, kurs dan tingkat persediaan pasar bisa terjadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar